Skip to main content

Catatan Agenda Mabit

Kembali lagi bersama ane disini dengan judul yang berbeda dan nuansa yang masih sama yaitu seputar sekolah. Namun sebelum kita mulai mari sama-sama dengarkan satu tembang dari snada bertajuk “Teman sejati” yang akan dinyanyiin langsung oleh para pembaca, dan penulis cukup megang kotak bekas chocolatos plus keliling-keliling, ngamen! #kabuuur sambil lempar sepatu#

Alhamdulillah atas idzin Allah setelah beberapa dekade penundaan akhirnya kelas 7 Aisyah yang katanya smart and beautiful itu, hiks melaksanakan mabit yang kalau nggak salah untuk ke 4 kalinya selama mereka berada disekolah ini. Mabit alias (malam bina iman dan taqwa) termasuk program wajib yang diselenggarakan setiap habis ujian (mid atau semesteran) tujuannya adalah sebagai penyegaran jiwa dan bentuk muroqabatullah (mendekatkan diri kepada Allah SWT).

Kegiatan dimulai dari pukul 05.00 sore nyampe 07.00 pagi. Terdiri dari berbagai kegiatan yang syarat dengan keimanan dan charger ruhiyah. Shalat fardhu berjama’ah, membaca almatsurat pagi dan petang berjama’ah, tilawah, shalat tahajud berjama’ah, materi, Nobar, muhasabah, sima’an hafalan yang semua tugas dilaksanakan oleh santri kecuali untuk sesion materi dan imam shalat tahajud.

Materi dimulai jam 9 malam setelah sholat isya dan makan malam. Kali ini yang ngisi materi ustadzah riantika tentang “KARAKTERISTIK REMAJA MUSLIM”, diawali dengan icebreaking nyanyi bareng number one for me nya maherzain dan anak sholeh nya ansyada… gile beneeer disesion mereka pada teriak-teriak nyanyi sampe ngalahin hujan yang malam itu turun deras banget. Ane sampe tutup kuping plus guling-guling saking kencengnya teriakan mereka. Walah cetar membahana banget untung kaca kelas nggak pecah. Mending kenceng kalo suaranya bagus, nah ini loh…. Tapi itulah serunya.

Selain itu mereka di tugaskan dalam 1 malam itu harus tilawah satu juz, kalo nggak maka nggak dapet jatah tidur. Dan klo ada yang ketahuan tidur saat materi dan nonton bareng di iqob tilawah 2 juz lagi Hohoho kejam?? Nggak lah namanya juga malam ibadah tentu saja semuanya harus dijalani dengan ikhlas… betul!

Sehabis materi pun ada session lagi yaitu nonton bareng, but nggak hanya nonton mereka juga diwajibkan untuk membuat ringkasan cerita serta hikmah dari film tersebut. Mabit kali ini kami menyiapkan film “KCB” yaitu film yang dibintangi oleh oki setiana dewi dan kholidi asadil alam. Ada beberapa tujuan mengapa film ini yang jadi tujuan, bukan karena ustadzahnya lagi galau loh hehehe… tapi karena mengamati perkembangan anak-anak yang lagi pada puber, bahkan ada beberapa anak yang ketahuan saling suka-sukaan glekk! Kaget banget dan mau marah namun namanya mereka masih remaja, jadi kami mencari alternative lain untuk mengingatkan mereka yaitu dengan menjelaskan apa hakikat cinta yang sebenarnya, bagaimana seharusnya cinta itu di alurkan sesuai dengan kefitrahan dan islam.

So, pesan tersampaikan, anak-anak jadi tahu yang baik dan nggak baik, dan tentu saja nggak makan hati dan bikin esmosi plus naek darah. hehehe
Ini dia komentar dan ringkasan mereka seputar tentang film KCB:

Atika khairunnisa
Film ini mengajarkan kita tentang kesabaran, keteguhan hati, dan sikaf kita sebagai muslim. Kita harus memeiliki sifat seperti Abdullah khairul azzam yaitu kerja kerasnya dan semangat untuk terus maju. Hakikatnya cinta itu adalah cinta kepada Allah SWT.

Atikah Rizki salwa
Dari film ini ana mendapatkan motivasi dari azzam yaitu orang yang sabar, tidak mudah putus asa, berusaha menjadi tulang punggung keluarga untuk mebiayai adik2nya sekolah.

Shinta mecha lestari
Jodoh itu telah ditentukan oleh Allah SWT. Ana sangat suka cerita film ini azzam sangat semangat dan sabar. Mengingatkan kita bahwa cinta tak perlu dicari karena Allah telah tentukan.

Nienda faras athiefah
Cinta terdiri dari 1 kata 5 huruf dan banyak makna film tersebut mengajarkan rasa sabar, pantang menyerah dan terus maju. Selalu berserah diri kepada Allah SWT karena jodoh tak akan kemana dan Allahlah yang menentukan karena sesungguhnya hakikat cinta hanyalah Allah semata.

Saras WD.
Cinta akan datang sendiri bila tlah tiba waktunya. Cinta sesungguhnya hanya Allah semata. Film tersebut membuat kita tahu cinta tak akan kemana walaupun harus melewati berbagai rintangan yang sangat berat. Ana suka mabit kali ini lebih mendekatkan diri kepada Allah. biasanya ana sholat tahajud Cuma 2 rakaat tapi kemaren sampe 11 rakaat. Dan ana suka kebersamaannya seperti berbagi makanan dan berbagi tempat tidur hiks…

Adinda Putri salsabila
Cinta itu tak perlu dicari Karen atulang rusuk pemiliknya tak akan pernah tertukar dan cinta kepada Allah itulah cinta yang paling indah.

Imanda Vyatri Dewi

Ana sangat kagum dengan cerita itu Karen ana mendapatkan banyak hikmah dari cerita tersebut. Azzam adalah pemuda yang hebat bekerja keras untuk keluarganya. Pendiriannya sangat kuat dan teguh. Ana adalah wanita yang sangat ana kagumi kecerdasannya, kesolehan dan kecantikannya srrta kelembutannya sebagai seorang muslimah. Dia juga sangat mendalami ilmu agama semua film itu banyak mengandung hikmah. Mabitnya asyik karena tilawah lebih banyak meskipun melelahkan tapi enak dan mau mabit lagi.

Safira Alika Putri
Cinta itu adalah sebuah perjuangan. Tak usah dicari karena Allah tlah ditenukan Allah.

Een Permata Sari & Wulan
Biar sendiri hingga ujung nyawa asal tak sepi dari kasihNya. Karena sesungguhnya hakikat cinta hanya Allah yang Esa.

Rizka Mazida
Cinta adalah suatu fitrah yang harus dijaga dan dijalankan dengan jalan yang benar.

Nur alifa azyyati
Kita tak boleh pacaran. Pacaran itu merugikan kita. Sesungguhnya Allah tlah tentukan jodoh terbaik untuk kita.

Mutiara Rani
Cinta adalah fitrah manusia dari Allah untuk semua orang namun harus dijaga dan dijalankan dengan baik. Mabitnya asyik lebih disiplin dan ngeluarin uneg-uneg dengan nyanyi sambil teriak-teriak hehe…

Nanda Rahmadina
Jika jatuh cinta maka jangan dekat-dekat karena apa betul dia jodohmu?. Mabitnya banyak kemajuan, tahajudnya jadi lebih banyak dan tilawahnya.

Annisa fajri hayati
Mengajarkan kita walaupun tertimpa musibah sebaiknya kita harus tetap bersabar. Jodoh hanya Allah yang tahu.

Venny Ismita & Alifiyah
Ana terharu dengan cerita tersebut tentang kesabaran seorang pemuda mengajarkan kita banyak hal.

Putri Damayan
ti
Hal yang didapatkan dari KCB adalah cinta yang indah adalah cinta menurut agama yang berlandaskan islam dan aturan2NYA.

Mellania Rizka Effendi
Ana kagum pada azzam karena walaupun melewati rintangan yang banyak, cobaan dan airmata akhirnya ia menemukan seseorang yang baik dan sholeha untuk menemani hidupnya. Cinta sesungguhnya hanya milik Allah SWT.

Emilda Wijaya
Film ini mengingatkan kita kalau cinta nggak akan kemana2, jodoh nggak akan tertukar Karena Allah lah yang menentukan seperti azzam dia sangat menjaga dan tidak berdekatan dengan wanita sampai Allah mempertemukan jodoh yang baik untuknya. Wanita yang sholeha, cerdas dan lembut yaitu anna altafhunnisa.

Begitulah suka dan duka mereka menjalani agenda mabit, meski ada beberapa anak yang mengeluh, capek dzah, ngantuk… Namun itulah nikmatnya ngantuk didunia capek didunia akan dibalas dengan syurganya. Biarlah letih didunia, nanti istirahatnya disyurga. ^_^

Comments

Popular posts from this blog

ID Card Pesantren Kilat

assalamu'alaikum sobat, lagi-lagi ane dititahkan untuk ngedesain Id card buat pesantren kilat..#cieh kayak kerajaan# it's okay cz masalah ngedesain tu hobi ane tu meski yaaa...aca kadul kesannya nggak bagus2 amat, hehe masih mending lah daripada nggak ada sama sekali. ini dia, eng tereeeenggg.. setelah diedit disana-sini waktu diprint huahhh..lumayan buram! ahehe tapi karena mo dipake besok ya sudah mau tidak mau akhirnya ini di print juga.. hmm ya segitu dulu ceritanya.. Met menunaikan ibadah puasa sobat semoga ramadhan tahun ini lebih baik dari tahun kemaren :D AMIN...

Menguji adrenalin jilid 2

Seperti biasanya sehabis subuh aku luangkan waktu untuk lari pagi nggak jauh dari rumah, ya cara ini cukup ampuh buat ngilangin rasa kantuk dan setidaknya ngurangin lemak-lemak yang masih istiqomah nempel di body..kalau nggak begitu kasur dan bantal terlalu menggoda seolah mengajak ku dengan hipnotisnya " tidurlah...tidurlah.." hkhkhk Akupun mulai berlari dengan basmalah,Lah?  jalanan masih gelap, terlihat satu dua ibu- ibu yang udah standby nungguin mamang sayur dan beberapa udah pada nongkrong di warung2..udara yg dingin dan segar membuat aku jadi sedikit menggigil tapi tentu tak bertahan lama, setelah beberapa menit berlari membuat tubuhku mulai hangat dan berkeringat.. orang  mungkin aneh juga liat aku, cz secara lari pagi tapi nggak pake atribut lengkap melainkan pake sandal jepit, rok dan baju gedombrang #apalah namanya.. Semenit kemudian aku berlari menyibak kegelapan subuh, tiba2 ada suara orang ngoceh  tapi nggak jelas, aku cuek sambil terus berlari..dan se

Cinta Sejati

Sebuah kisah Cinta Sejati, Kisah nyata yang pernah terjadi di Bumi ini… Sekian ratus tahun yang lalu… Di malam yang sunyi, di dalam rumah sederhana yang tidak seberapa luasnya… seorang istri tengah menunggu kepulangan suaminya. Tak biasanya sang suami pulang larut malam. Sang istri bingung…. hari sudah larut dan ia sudah sangat kelelahan dan mengantuk. Namun, tak terlintas sedikitpun dalam benaknya untuk segera tidur dan terlelap di tempat tidur suaminya. Dengan setia ia ingin tetap menunggu… namun, rasa ngantuk semakin menjadi-jadi dan Sang suami tercinta belum juga datang. Tak berapa lama kemudian…. seorang laki-laki yang sangat berwibawa lagi luhur budinya tiba di rumahnya yang sederhana. Laki-laki ini adalah suami dari sang istri tersebut. Malam ini beliau pulang lebih lambat dari biasanya, kelelahan dan penat sangat terasa. Namun, ketika akan mengetuk pintu, terpikir olehnya Sang istri yang tengah terlelap tidur…. ah, sungguh ia tak ingin membang