Skip to main content

Hatiku, Istiqomahlah..


Bloggy..banyak episode yang terlewatkan beberapa bulan ini, sungguhnya jari jemari tak tahan tuk berolah raga menghilangkan kakunya, kau lihat jemariku kian gembul karena tlah lama tak menarikan tarian sebelas jari haha..yup benar sampai detik ini aku belum bisa mempraktekkan bagaimana mengetik 10 jari itu. Hihi nggak nyambung kalee.. Namun aku harus sadar bahwa aku tlah kalah, kalah oleh keadaan yang membuatku tak mampu untuk konsisten dengan janjiku, apalagi akhir-akhir ini aku sering di hinggapi virus 5L (Letih, lesu, lemah, lalai dan loyo) Ntahlah apakah aku masih pantas disebut pejuang pena, walau masih pun mungkin lebih tepat rasanya jika aku dijuluki sang pejuang pena yang nggak konsisten. 

Fine, perlu mengumpulkan segenap tenaga untuk mengingat moment spesial yang tak sempat ku simpan dalam fileku, karena tak bisa terulang kedua kali, yang ada operatornya ngomel-ngomel “tidak ada siaran ulang, tidak ada siaran ulang” huhh..wiro sableengg bantu akuuu..hiks #butuh tambahan kekuatan soalnya# :D
Ah ya, ada yang ingin ku ceritakan. Silahkan duduk yang manis dan mengambil snack jagung di sampingmu #kalau ada# beuh..
Mengambil kata-kata dari buku the best yang selalu nyantel di sakuku, sebuah ungkapan indah dari ibnul jauzi 

sesungguhnya mencapai puncak itu sulit, tapi bertahan tetap di puncak itu lebih sulit”

Itulah yang dirasakan olehku, dan mungkin sahabat bloggy lainnya. Menjelma sebagai sosok dewasa yang mau tidak mau, siap tidak siap harus bertahan dalam kesendirian, kemandirian dan istiqomah. Especially, bertahan untuk berada dalam kebenaran dan kebaikan memang tidak mudah, kata sahabatku ibarat menggelindingkan batu besar ke atas bukit, berat! And that’s right,, begitulah adanya. Namun aku selalu mengajak hatiku untuk segera menyadarinya dalam-dalam, seperti yang dikatakan ibnul jauzi “jangan sekali-kali engkau menganggap jalan kebaikan itu mudah, jalan itu dipenuhi sesuatu yang kita benci, halangan, duri-duri tajam yang membuat kita sakit. Hanya saja jika kita sudah berhasil melewatinya kita pasti akan melupakan seluruh rasa sakit, seluruh keletihan itu.

Disaat hatiku berada dalam kondisi yang normal kata-kata ini dapat membius kesadaranku dan cepat-cepat tersentak dari kelalaianku, namun disaat hatiku sakit kata-kata ini ibarat angin yang beterbangan begitu saja...
Namun Alhamdulillah wa syukurilah, Allah masih berikan hidayah itu kepadaku, sehingga ketika aku lalai ada kekesatan dalam hatiku yang artinya warning untuk segera memperbaiki diri dan meningkatkan imunitasnya supaya kebal dari serangan potensi keburukan. Tidak bisa dipungkiri manusia itu memiliki 2 potensi, yaitu potensi kebaikan dan potensi keburukan. Semua itu adalah pilihan si manusia itu sendiri, Allah telah mempersiapkan akhir dari pilihan-pilihan kita, jika ingin selamat di akhirat maka tapakilah jalan yang baik, meski jalan tersebut dipenuhi onak dan duri2 yang tajam telah siap mencengkeram telapak kaki kita dan jika hanya kebahagiaan dunia saja yang kita inginkan, maka tapakilah jalan yang buruk. Tapi sobat dunia itu tidak abadi.
Dalam surat Al-an’am ALLAH berfirman:
Katakanlah, hai kaumku berbuatlah sepenuh kemampuanmu, sesungguhnya akupun berbuat pula. Kelak kamu akan mengetahui siapa diantara kita yang memperoleh hasi yang baik dari dunia ini, sesungguhnya orang yang zalin itu tak akan mendapat keberuntungan.
(Ali-Imran 135)
Aku bersyukur kepada Rabb masih mengirimkan orang-orang menjadi penguat dan semangat bagiku untuk berbuat kebaikan baik itu orang-orang disekelilingku maupun orang-orang yang jauh dariku. Mungkin ini cara Allah untuk mengingatkanku dengan cara yang lembut, tentu sebelum Allah memperingatkanku dengan keras hmm semoga saja tidak pernah terjadi. Karena aku takut aku tak mampu untuk merasakannya. Mau tahu siapa mereka?


 Pertama, mak dan bak ku di kampung
pernah suatu kali aku merasa sendiri (setiap hari kali ya :D), dan masalah datang secara bersamaan, kesedihan serta kegelisan menggelayuti hatiku dengan hebat, hampir tak mampu untuk bertahan namun segera ku mencari alternatif untuk menghilangkannya setidaknya membuat hatiku sedikit nyaman, ku dengarkan murotal berkali-kali dan melantunkan tilawah. namun tak juga kesedihan itu enyah, namun tak lama berselang handponeku berbunyi, kusambut nada panggilan itu dan kusapa suara lembut diseberang sana, "lagi apa nak? sudah makan?" aku menyahut riang dengan menyembunyikan sedihku..ah ku tak ingin buat ibu khawatir. tak beberapa menit setelah telpon di tutup aku pun bangkit, kesedihan yang bergelayut pun sirna berubah menjadi sekeping semangat baru. love you mom...ibuku selalu tahu saat-saat dimana anakmu membutuhkan support.

sedangkan ayah, punya cara sendiri yang membuat aku menjadi termotivasi,
Ulang tahunku yang ke 25 telah lewat sehari yang lalu, namun aku mendapat sms yang tak biasa dari ayahku. bunyinya "selamat ULTAH ya nak, semoga dapat jodoh yang sholeh". hik..hiks..senyumku tak selebar biasanya menyambut sms yang tak biasa itu.

keduanya membuatku termotivasi untuk memperbaiki diriku more and more. karena ku tahu mereka memiliki harapan padaku untuk menjadi yang terbaik. dan tak kubiarkan diriku berjalan dijalan yang salah. bergetar hatiku tatkala membaca kisah:

"Telah dikabarkan kepada kami bahwa seorang anak akan tergantung di leher ayahnya pada hari kiamat nanti. Lalu dia berkata: 'Wahai Rabbku, ambillah hakku dari orang yang menzhalimiku ini!' Sang ayah berkata: 'Bagaimana aku menzhalimimu, sedangkan aku telah memberimu makan dan pakaian?' Sang anak berkata: 'Benar, engkau telah memberiku makan dan pakaian, tetapi engkau melihatku melakukan maksiat dan engkau tidak melarangku.'"

sungguh aku ingin membahagiakan mereka berdua dan  aku berharap diriku bisa memberikan kebahagiaan itu kepada mereka. aamiin.
Kedua, anak binaanku "The utrujah" 
Menjadi seorang guru sebuah kesyukuran bagiku, bertemu dengan wajah-wajah nan lugu dan haus ilmu. Walaupun mungkin aku perlu belajar banyak lagi tentang indahnya dien ini. tak bisa ku bayangkan jika aku terus menerus down dan terlena dengan kefuturanku, bagaimana dengan mereka? celetuk nuraniku. Oleh karenanya aku termotivasi untuk beribadah lebih baik, agar aku bisa memberi tauladan, memberi ilmu dan semangat kepada jiwa-jiwa yang masih suci ini. Dan aku merasakan bahwa kata yang keluar dari lisan akan lebih bermakna dan sampai ke hati jika keluar dari ruh yang baik dan kedekatan kepada Allah SWT.


Ketiga, kak Fatimah shara
sebenarnya aku tak kenal dengan beliau, siapa dia? dimana rumahnya? beliau pun begitu...aku hanya tahu melalui youtobe, kala itu secara tak sengaja. ketika aku ingin mencari materi pembelajaran di youtobe secara tak sengaja kepencet video tausyiah beliau. Benar-benar menyentuh, dan akupun ikuti hingga habis. sangat JLEB banget dihati! 
sejak saat itu aku pun tak pernah melewatkan tausyiahnya yang telah aku download, dan semakin salut ketika aku tahu bahwa beliau dan suaminya adalah pasangan novelis islami asal malaysia yang sering memberi kajian tentang keislaman. subhanalloh..
Ana salah satu penggemar beliau dan ingin sekali mengikuti jejaknya, aamiin. :D 
meskipun ku tak pernah berjumpa dengannya, namun tausiyahnya cukuplah membuat motivasiku semakin terpacu, kefuturanku berangsur hilang. hmm.. jazakillah kak tausiyahnya yang amat menyentuh, membuatku semakin ingin dekat dan dekat kepada sang pencipta jagad raya ini.
 DR.Farhan Hadi & Fatimah Shara

ÙŠَا Ù…ُÙ‚َÙ„ِّبَ الْÙ‚ُÙ„ُوبِ Ø«َبِّتْ Ù‚َÙ„ْبِÙ‰ عَÙ„َÙ‰ دِينِÙƒَ
Ya muqollibal qulub tsabbit qolbi ‘alaa diinik (Wahai Dzat yang Maha Membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu).”
_Wallohua'lam bi showab_


Comments

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan koment :D

Popular posts from this blog

Menguji adrenalin jilid 2

Seperti biasanya sehabis subuh aku luangkan waktu untuk lari pagi nggak jauh dari rumah, ya cara ini cukup ampuh buat ngilangin rasa kantuk dan setidaknya ngurangin lemak-lemak yang masih istiqomah nempel di body..kalau nggak begitu kasur dan bantal terlalu menggoda seolah mengajak ku dengan hipnotisnya " tidurlah...tidurlah.." hkhkhk Akupun mulai berlari dengan basmalah,Lah?  jalanan masih gelap, terlihat satu dua ibu- ibu yang udah standby nungguin mamang sayur dan beberapa udah pada nongkrong di warung2..udara yg dingin dan segar membuat aku jadi sedikit menggigil tapi tentu tak bertahan lama, setelah beberapa menit berlari membuat tubuhku mulai hangat dan berkeringat.. orang  mungkin aneh juga liat aku, cz secara lari pagi tapi nggak pake atribut lengkap melainkan pake sandal jepit, rok dan baju gedombrang #apalah namanya.. Semenit kemudian aku berlari menyibak kegelapan subuh, tiba2 ada suara orang ngoceh  tapi nggak jelas, aku cuek sambil terus berlari..dan se

Cinta Sejati

Sebuah kisah Cinta Sejati, Kisah nyata yang pernah terjadi di Bumi ini… Sekian ratus tahun yang lalu… Di malam yang sunyi, di dalam rumah sederhana yang tidak seberapa luasnya… seorang istri tengah menunggu kepulangan suaminya. Tak biasanya sang suami pulang larut malam. Sang istri bingung…. hari sudah larut dan ia sudah sangat kelelahan dan mengantuk. Namun, tak terlintas sedikitpun dalam benaknya untuk segera tidur dan terlelap di tempat tidur suaminya. Dengan setia ia ingin tetap menunggu… namun, rasa ngantuk semakin menjadi-jadi dan Sang suami tercinta belum juga datang. Tak berapa lama kemudian…. seorang laki-laki yang sangat berwibawa lagi luhur budinya tiba di rumahnya yang sederhana. Laki-laki ini adalah suami dari sang istri tersebut. Malam ini beliau pulang lebih lambat dari biasanya, kelelahan dan penat sangat terasa. Namun, ketika akan mengetuk pintu, terpikir olehnya Sang istri yang tengah terlelap tidur…. ah, sungguh ia tak ingin membang

ID Card Pesantren Kilat

assalamu'alaikum sobat, lagi-lagi ane dititahkan untuk ngedesain Id card buat pesantren kilat..#cieh kayak kerajaan# it's okay cz masalah ngedesain tu hobi ane tu meski yaaa...aca kadul kesannya nggak bagus2 amat, hehe masih mending lah daripada nggak ada sama sekali. ini dia, eng tereeeenggg.. setelah diedit disana-sini waktu diprint huahhh..lumayan buram! ahehe tapi karena mo dipake besok ya sudah mau tidak mau akhirnya ini di print juga.. hmm ya segitu dulu ceritanya.. Met menunaikan ibadah puasa sobat semoga ramadhan tahun ini lebih baik dari tahun kemaren :D AMIN...