Skip to main content

HIJRAH


“Tuhan jika Kau masih beri aku kesempatan hidup izinkanlah aku bertemu malaikat baik hati yang mampu membawaku pergi jauh dari dunia kelam ini”.
Ucapnya terbata dan meringis menahan sakit yang tak terkira yang menjalar disekujur tubuhnya sebelum jasadnya terbujur lemah di panti rehabilitasi karena overdosis.
***
Terlahir sebagai anak tunggal dari keluarga yang kaya raya justru tak membuatnya bahagia, sejatinya ia kehilangan kenyamanan dirumah sendiri. Sedangkan orang tuanya  hanya sibuk dengan materi, materi dan materi.
            Seperti layangan putus yang terseok-seok di terbangkan angin, Jennifer tak  memiliki keinginan selain mencari kesenangan diri di luar sana tanpa arah dan panduan, sehingga ia terlahir menjadi pribadi yang liar dan penuh kebebabasan, I LOVE FREEDOM ungkapan yang senantiasa di lagukannya penuh kemenangan. Tanpa ia sadari kehidupan malamnya tlah menyeretnya semakin jauh dari koridor-koridor yang semestinya.
***

Hingga suatu hari sebuah peristiwa yang unpredictable membuatnya tesentak dari kesalahannya, kejutan-kejutan yang membuatnya menemukan jiwa baru di sisi lain jiwanya. Ya, hidayah justru mucul di saat ia kronis dalam memahami kehidupan, di tinggal kekasih dan sahabat tercinta yang ternyata hanya ingin memanfaatkannya saja, lagi-lagi dengan egosentris orang tua hanya bisa mempersalahkan tanpa memberi tahu yang mana yang benar.
Sungguh kita tak dapat memprediksi  kapan Tuhan akan memberi hidayah kepada hamba-Nya. Lewat seorang muslimah baik hati yang menjadi perawatnya di Panti Rehabilitasi itu Jennifer kembali menyelami kesajatian dirinya sebagai hamba. Ia mematut-matut dirinya didepan cermin, meraba hatinya yang tak tampak dan menyeringai penuh tanda Tanya “who am I?”
***

Sungguh kesederhanaan dan  ketaatan muslimah itu benar-benar langka bagi Jennifer, mana ada orang seperti itu zaman sekarang? Ujarnya dalam hati, Ibarat mutiara di tengah-tengah pecahan kaca, unik!
Naqiyah, gadis berjilbab lebar yang selalu tersenyum, murah hati dan Lembut. Ia membagi apa saja yang ia punya kepada Jennifer dan siapa saja yang ia temui dan tak pernah bosan menjawab pertanyaan Jennifer yang sedemikian banyaknya. Hingga tanpa sebuah kesepakatan pun kian hari persahabatan mereka kian kokoh saja.
Banyak hal yang dipelajari nya dari seorang Naqiyah, kehidupannya, ketaatannya, semangatnya dalam menyebarkan kebaikan especially tentang makna Hijab. Hal itu menepis prasangka-prasangka yang ada dibenak Jennifer selama ini bahwa berhijab itu kuno, jelek, seperti karung berjalan, bahkan menyeramkan seperti teroris.
Ternyata menjadi muslimah itu bukan Style belaka namun merupakan perintah tuhan. Tak hanya itu, menjadi muslimah pun bukan lah sosok yang menyeramkan seperti yang di gambarkan kebanyakan orang, finally dengan sendirinya ia mendapat jawaban.
***

Hingga suatu hari, sebungkus kado sederhana dari qiyah membuat tekadnya kian kokoh untuk menjadi muslimah yang sesungguhnya. Jilbab hijau muda pemberian qiyah membuatnya terkaget dan bergumam,
“Qi..qiyah, nanti aku kelihatan…ehm.. jelek jika mengenakannya” ujar Jennifer ragu.
“Ukhti, seindah-indahnya pakaian sungguh yang paling indah ialah pakaian Taqwa. tak inginkah jika suatu saat nanti kita bisa berjalan bersama dan bergandengan tangan di syurga-Nya?” Tanya qiyah dengan lembut.
Jawaban Naqiyah menepis keragu-raguannya, Jennifer pun tersenyum dan merangkul sahabat surganya itu dengan sukacita, tak terasa buliran bening menganak sungai dari pelupuk matanya dan berkata dalam hati
Rabb, terimakasih tlah kau jawab pintaku, ucapnya penuh haru
Tak disangka peristiwa yang dilalui Jennifer membawanya ke jalan cahaya, ibarat kupu-kupu indah yang baru keluar dari kepompong yang buruk rupa, pemikiran dan kehidupannya berbalik arah tak hanya 180 bahkan 360%. Dan yang lebih membahagiakan lagi, perubahan Jennifer tersebut membawa dampak yang besar bagi keluarganya. Papa dan mamanya kaget bukan kepalang dengan perubahannya, terbersit rasa malu di benak mereka melihat kesholehan anak semata wayangnya itu sehingga sedikit demi sedikit keduanya mulai menyadari bahwa dunia tak sepenuhya menjanjikan kebahagiaan.
***


Sekarang Jennifer pun melangkah ringan dengan Hijab menutupi sebagian tubuhnya, dan dengan mantap senantiasa bersenandung I Am Proud to be moslemah.

Comments

Popular posts from this blog

Menguji adrenalin jilid 2

Seperti biasanya sehabis subuh aku luangkan waktu untuk lari pagi nggak jauh dari rumah, ya cara ini cukup ampuh buat ngilangin rasa kantuk dan setidaknya ngurangin lemak-lemak yang masih istiqomah nempel di body..kalau nggak begitu kasur dan bantal terlalu menggoda seolah mengajak ku dengan hipnotisnya " tidurlah...tidurlah.." hkhkhk Akupun mulai berlari dengan basmalah,Lah?  jalanan masih gelap, terlihat satu dua ibu- ibu yang udah standby nungguin mamang sayur dan beberapa udah pada nongkrong di warung2..udara yg dingin dan segar membuat aku jadi sedikit menggigil tapi tentu tak bertahan lama, setelah beberapa menit berlari membuat tubuhku mulai hangat dan berkeringat.. orang  mungkin aneh juga liat aku, cz secara lari pagi tapi nggak pake atribut lengkap melainkan pake sandal jepit, rok dan baju gedombrang #apalah namanya.. Semenit kemudian aku berlari menyibak kegelapan subuh, tiba2 ada suara orang ngoceh  tapi nggak jelas, aku cuek sambil terus berlari..dan se

Cinta Sejati

Sebuah kisah Cinta Sejati, Kisah nyata yang pernah terjadi di Bumi ini… Sekian ratus tahun yang lalu… Di malam yang sunyi, di dalam rumah sederhana yang tidak seberapa luasnya… seorang istri tengah menunggu kepulangan suaminya. Tak biasanya sang suami pulang larut malam. Sang istri bingung…. hari sudah larut dan ia sudah sangat kelelahan dan mengantuk. Namun, tak terlintas sedikitpun dalam benaknya untuk segera tidur dan terlelap di tempat tidur suaminya. Dengan setia ia ingin tetap menunggu… namun, rasa ngantuk semakin menjadi-jadi dan Sang suami tercinta belum juga datang. Tak berapa lama kemudian…. seorang laki-laki yang sangat berwibawa lagi luhur budinya tiba di rumahnya yang sederhana. Laki-laki ini adalah suami dari sang istri tersebut. Malam ini beliau pulang lebih lambat dari biasanya, kelelahan dan penat sangat terasa. Namun, ketika akan mengetuk pintu, terpikir olehnya Sang istri yang tengah terlelap tidur…. ah, sungguh ia tak ingin membang

ID Card Pesantren Kilat

assalamu'alaikum sobat, lagi-lagi ane dititahkan untuk ngedesain Id card buat pesantren kilat..#cieh kayak kerajaan# it's okay cz masalah ngedesain tu hobi ane tu meski yaaa...aca kadul kesannya nggak bagus2 amat, hehe masih mending lah daripada nggak ada sama sekali. ini dia, eng tereeeenggg.. setelah diedit disana-sini waktu diprint huahhh..lumayan buram! ahehe tapi karena mo dipake besok ya sudah mau tidak mau akhirnya ini di print juga.. hmm ya segitu dulu ceritanya.. Met menunaikan ibadah puasa sobat semoga ramadhan tahun ini lebih baik dari tahun kemaren :D AMIN...