Skip to main content

KEBODOHAN YANG BERULANG

Berdamailah dengan masa lalu – kata seorang trainer dalam sebuah buku, ah ya ada benarnya juga terkadang kita harus mengibarkan bendera putih kepada masa lalu dan berteriak – please jangan ikuti gue terus donk, gue frustasi nih kalo ingat loe terus ( masa lalu bukan orang).
Jika sejarah hidup itu bisa membuat hati jadi gelisah dan membuat kita gak bisa bangkit lagi saking buruknya bolehlah hal itu kita usir jauh-jauh hush..hus… masuk tong sampah , the end!
Tapi jangan 100% dilupain, seperti kata bung karno JAS Hijau eh Jas merah jangan sekali-kali lupakan sejarah, tapikarena disetiap perjalanan hidup itu ada pesan-pesan hikmah yang tersembunyi, bisa jadi itu adalah sebuah bentuk peringatan atau alarm bagi kita tentang “betapa bodohnya kita dulu” dan selanjutnya bisa berpikir panjang dan bakal berenti ngelakuin hal-hal yang bodoh lagi karena bakal ngerasain  gelisah di kemudian hari. 
Nah loh, ketika kita tahu kalau meninggalkan sejarah buruk itu rasanya gak enak dan bikin hati sempit, nafas naik turun, air mata keluar tanpa di sadari, gelisah berkepanjangan, dan kita tahu nggak bakal bisa ngebalikin waktu buat sekedar menekan tanda delete pada bagian-bagian yang jelek dari masa lalu kita (yeee emang computer ape?)
Maka mulai dari sekarang pikir-pikir lagi jika ada keinginan untuk melakukan hal yang sama, cz kalo masih juga di lakukan bukankah itu kebodohan yang berulang? Itu namanya kita merelakan diri kita terkatung-katung dalam penyesalan, Hari ini kita gelisah karena perbuatan buruk di masa lalu, bisa saja besok kita bakal gelisah lagi karena perbuatan jelek yang kita lakukan hari ini, dan seterusnya, jadilah kita gelisah sepanjang waktu, hingga akhir hayat menjadi manusia yang gelisah oleh masa lalu jelek yang naasnya kita buat sendiri, kalo gitu obatnya Cuma satu #jedotin kepala ke dinding# dan bilang, bodoh..bodoh..bodoh…hehe parah animal aja nggak mau masuk lobang dua kali, lah kita manusia yang di beri akal dan pikiran? Hmmm…
Hidup itu indah kawan, alangkah ruginya ketika tak kita syukuri dan menghargainya dengan melakukan hal-hal positive dan mengembangkan potensi yang ada.

Caranya bagaimana?
Baik, untuk masa lalu kemarin mari kita tutup buku dan jadikan pelajaran buat hari ini supaya nggak terulang lagi. Karena bagaimanapun apa yang kita lakukan semuanya di catat ama malaikat di kiri kanan kita yang akan di jadikan dokumentasi di akhirat kelak, hmm nggak kebayang deh perbuatan kita dari orok nyampe meninggal bakal di puterin di bioskop milikNya dan di tonton tanpa ada sedikitpun sensor, semuanya? Yup tanpa terkecuali… kita yang baik di wajah ternyata belang di pikran, kita yang kelihatan ikhlas ternyata di hati ngedumel, kita yang  kelihatan baik ternyata nggak taat sama orang tua. Duhh…berhenti nguber-nguber dan memaksa malaikat buat menghapus bagian itu, karena malaikat punya tinta permanen tapi nggak punya tip-x loh #gubrak# maka menangislah…menangislah sekarang…dan bertaubatlah.



 Mudah-mudahan taubat yang kita lakukan sungguh-sungguh disertai perbuatan baik kita  akan menghapus kesalahan kita di masa lalu. Yo wess mari berdamai dengan masa lalu dengan melakukan perbuatan baik yang banyak di hari ini, perbanyak tilawah, perbanyak shadaqoh, sholat 5 waktu full dan tepat waktu kalau bisa di masjid, sholat dhuha, denger tausiyah ama murottal say no to lagu2 yang bikin galau, say no to pacaran,  berbuat baik lah dengan orang tua dan banyak lagi perbuatan baik yang bisa kita lakuin. Bermujahadahlah hari ini, jika kita belum sukses hari ini, setidaknya kita tidak meninggal kan masa lalu yang kelam dan berinvestasi gelisa dimasa yang akan datang, right?

Comments

Popular posts from this blog

Menguji adrenalin jilid 2

Seperti biasanya sehabis subuh aku luangkan waktu untuk lari pagi nggak jauh dari rumah, ya cara ini cukup ampuh buat ngilangin rasa kantuk dan setidaknya ngurangin lemak-lemak yang masih istiqomah nempel di body..kalau nggak begitu kasur dan bantal terlalu menggoda seolah mengajak ku dengan hipnotisnya " tidurlah...tidurlah.." hkhkhk Akupun mulai berlari dengan basmalah,Lah?  jalanan masih gelap, terlihat satu dua ibu- ibu yang udah standby nungguin mamang sayur dan beberapa udah pada nongkrong di warung2..udara yg dingin dan segar membuat aku jadi sedikit menggigil tapi tentu tak bertahan lama, setelah beberapa menit berlari membuat tubuhku mulai hangat dan berkeringat.. orang  mungkin aneh juga liat aku, cz secara lari pagi tapi nggak pake atribut lengkap melainkan pake sandal jepit, rok dan baju gedombrang #apalah namanya.. Semenit kemudian aku berlari menyibak kegelapan subuh, tiba2 ada suara orang ngoceh  tapi nggak jelas, aku cuek sambil terus berlari..dan se

Cinta Sejati

Sebuah kisah Cinta Sejati, Kisah nyata yang pernah terjadi di Bumi ini… Sekian ratus tahun yang lalu… Di malam yang sunyi, di dalam rumah sederhana yang tidak seberapa luasnya… seorang istri tengah menunggu kepulangan suaminya. Tak biasanya sang suami pulang larut malam. Sang istri bingung…. hari sudah larut dan ia sudah sangat kelelahan dan mengantuk. Namun, tak terlintas sedikitpun dalam benaknya untuk segera tidur dan terlelap di tempat tidur suaminya. Dengan setia ia ingin tetap menunggu… namun, rasa ngantuk semakin menjadi-jadi dan Sang suami tercinta belum juga datang. Tak berapa lama kemudian…. seorang laki-laki yang sangat berwibawa lagi luhur budinya tiba di rumahnya yang sederhana. Laki-laki ini adalah suami dari sang istri tersebut. Malam ini beliau pulang lebih lambat dari biasanya, kelelahan dan penat sangat terasa. Namun, ketika akan mengetuk pintu, terpikir olehnya Sang istri yang tengah terlelap tidur…. ah, sungguh ia tak ingin membang

ID Card Pesantren Kilat

assalamu'alaikum sobat, lagi-lagi ane dititahkan untuk ngedesain Id card buat pesantren kilat..#cieh kayak kerajaan# it's okay cz masalah ngedesain tu hobi ane tu meski yaaa...aca kadul kesannya nggak bagus2 amat, hehe masih mending lah daripada nggak ada sama sekali. ini dia, eng tereeeenggg.. setelah diedit disana-sini waktu diprint huahhh..lumayan buram! ahehe tapi karena mo dipake besok ya sudah mau tidak mau akhirnya ini di print juga.. hmm ya segitu dulu ceritanya.. Met menunaikan ibadah puasa sobat semoga ramadhan tahun ini lebih baik dari tahun kemaren :D AMIN...