Uhh…lagi-lagi
teks, bingung memikirkan cara mengajar yang membuat anak-anak pada suka belajar
apalagi materi yang bakal di bahas adalah sesuatu yang nge-bosenin pake banget,
hah ya? Kalo pake prinsip guru unresponsible
mah mudah tinggal suruh anak duduk manis di kursi, buka buku catatan, buka buku
cetak halaman sekian..sekian..dan dengarkan tembang atau ceramah dari bapak dan
ibu guru, terakhir latihan, anak-anak nggak boleh ribut, dilarang ke wc, yang
kebelet bawa ember #eh. Hellloooo…..ini udah jaman apa cik gu? #ngarahin Toa
pengajian ke telinga# hihi nggak kebayang deh jadi muridnya, setiap hari ketemu
guru kayak gitu bisa-bisa spot jantung di buatnya.
Stop..stop, sayya tidak mau jadi salah satunya. Hm,tunggu berpikir keras! Aha…ada ide cring..cring…#badeway saya tidak temanan ama om jin loh#
Jadilah
pada hari itu, saya masuk ke kelas tapi nggak bawa buku, saya tinggalin semua
buku saya dan berganti sama gelas, sendok, air panas, 1 sachet kopi, hadeh..ini guru apa guru ya,
jawabanya adalah jelas guru bukan ondel-ondel :D
Tiba
di kelas sang siswa melongo liat saya bawa begituan, any hot water in this
classroom? Yess, jawab mereka serempak.kemudian saya letak diatas meja, dan
mulailah agenda belajar. Today I wanna make a glass of coffee, do you like it?
Of course kata mereka lagi, nyimak banget ampe kening berkerut. Pengenalan
benda/material,
Teacher : What
is this?
Students : Spoon
Teacher : This…
(ngangkat gelas)
Students: Glass
Teacher : This
is?
Students: Coffee
Teacher :
This is?
Students : Hot water
Teacher : Excellent
Now,
I will make a glass of coffee, first open the sachet and put into glass, then
pour the hot water into the glass and stir in with spoon…#ngaduk-ngaduk kopi# a
glass of coffee is ready to drink. Taraa…
Students : diam, nyimak, melongo… #
hiperbolanya suara nyamuk aja kedengeran#
Teacher : do you know what is our
material today?
Student
A : how to make a glass of
coffee?
teacher : waaaa…very good, you are
right. I will give this coffee for you…
Student
A : thank you miss..
Dan
terakhir pembagian kelompok, setiap kelompok praktek buat sesuatu, mereka
sumringah banget, ada yang mau buat pop mie, rujak, juice, a cup of milk dll.
Tahu nggak sih mereka kalau saat itu kita lagi belajar? Ya tentu nggak nyadar,
dikirain main masak-masakan, tapi nanti di akhir pelajaran baru di jelasin,
kalau yang begituan namanya teks procedure dan bagian-bagiannya. Ah. Gampang ya
ternyata? anak-anak belajar banyak hal dari kegiatan itu, mereka dapat kosa
kata baru, mereka belajar masak, mereka tahu bagian2 teks secara tidak
langsung, dan mereka belajar kalimat imperative, dan seterusnya…
Emang
agak sedikit repot, tapi nggak bikin kepala botak cz mikirin gimana anak
mengerti, mikirin gimana mereka diam, dan tentu nggak bikin tangan sakit karena
gepok2 meja and papan tulis melulu. In fact,
I say practice make perfect… belajar itu nggak akan ada artinya kalo nggak
di praktekin, mulut kita berbuih karena kebanyakan ngomong tapi ternyata di
akhiri dengan statemen siswa, “miss, tadi jelasin apa sih?” hadeeuuhh..sakitnya
tuh disini..#nunjukin tenggorokan# air..mana air? Haha dan di akhiri dengan
minum juz jeruk nipis campur kecap wehehee…
Yuk
cik gu, kita cari ide brilian lagi buat ngajar, jangan mau jadi guru apa
adanya...harus ada apanya donk supaya bisa terus di ingat dan anak-anak
mengerti. Jangan biarkan senyum mereka hilang dengan kegaranganmu..ggrrhhh..
Hanya
sekedar sharing, mohon maaf jika ada kesamaan tokoh kesamaan karakter, kesamaan
cara mengajar, kesamaan penyakit, dan kesamaan2 lainnya. HEHE :D
Thanks alot...its usefull...
ReplyDelete